Google Maps Adopsi Format 3D

Gambar Google Maps, gedung-gedung di San Fransisco dalam format 3D. (Foto: CNet)

CALIFORNIA - Google memperkaya Google Maps dengan fitur Earth View. Dengan fitur tersebut, gambar-gambar di Google Maps akan terlihat dalam format 3D.

"Earth View menawarkan perspektif 3D sebenarnya, yang memungkinkan Anda melihat foto gunung secara detail atau orang pertama yang menyelam di kedalaman laut dalam perspektif 3D buildings," kata Google Product Manager Peter Birch dalam blognya.

Dengan Earth View, Google akan membangun sebuah reproduksi 3D immersive keseluruhan dunia yang dapat dijelajahi. Google belum bisa menyebutkan seberapa lengkap dan updatenya dunia virtual ini. Namun sebagai gambaran, dengan Earth View Google bisa memotret interior sebuah pusat perbelanjaan.

Dilansir Cnet, Selasa (27/4/2010), untuk saat ini Earth View kurang memiliki interaksi seperti yang dihadirkan layanan Google Maps tradisional, termasuk tidak menampilkan nama jalan dan arah perjalanan.

Google merupakan satu di antara para pembuat browser yang mendukung teknologi web 3D yang dinamakan WebGL, yang bisa menghadirkan 3D ke komputer Anda. Google juga kini sedang membangun lagi teknologi web 3D yang lebih tinggi miliknya, yaitu O3D, pada pondasi WebGL.

Sementara itu, kompetitornya, Microsoft juga kabarnya membangun teknologi 3D untuk peta dunia di Bing Maps. Teknologi Microsoft yang mengharuskan plug-in Silverlight ini, diklaim berbeda.

Bagaimana pun, dengan kacamata 3D, Google ingin menghadirkan sebuah teknologi 3D yang lebih dalam. Google telah mengumpulkan data Street View untuk 3D sejak 2008. Pada 1 April silam, Google sudah pernah menampilkan gambar Street View 3D, yang dapat dilihat dengan kacamata khusus 3D. (rah)

Posted by Warta Digital on 5/04/2010 01:59:00 AM. Filed under . Kamu bisa ikuti semua artikel melalui :

0 komentar for "Google Maps Adopsi Format 3D"

Leave a reply