Toyota iQ, Mobil Terbaik ke II di Eropa, Mobil Masa depan Yang Paling Irit

Salah satu varian city car keluaran Toyota Motor Corporation, Toyota iQ dinyatakan sebagai sebagai mobil terbaik Eropa (European Car of The Year / ECOTY) 2010 di urutan kedua setelah VW Polo. Seperti dikutip MotorAuthority, city car sub kompak itu masuk dalam jajaran finalis ECOTY 2010. Disebutkan pula salah satu varian terbaru Toyota itu bersaing ketat dengan Citroen C3 Picasso, Mercedes-Benz E-Class, Opel/Vauxhall Astra, Peugeot 3008, Skoda Yeti, serta Volkswagen Polo untuk mencapai posisi sebagai mobil terbaik Eropa.

Mobil yang mulai dipasarkan di Jepang pada November 2008 lalu itu, didesain di Pusat Desain Toyota yang berbasis di Perancis Selatan. Toyota iQ memiliki panjang 2.985 milimeter (mm), lebar 1.680 mm, serta tinggi 1.500 mm. Di Eropa mobil ini ditawarkan dalam tiga tipe yaitu tipe mesin bensin dengan kapasitas 1.000 dan 1.300 cc, serta tipe mesin diesel dengan kapasitas 1.400 cc. Sementara di Jepang, ditawarkan tipe mesin bensin dengan kapasitas 1.000 cc VVT-i tiga silinder. Dengan kapasitas sebesar itu, mampu menghasilkan tenaga 68 PS pada 4.800 rpm dengan torsi 9,3 kgm atau 90 Nm pada 4.800 rpm.
Pada hajatan Indonesia International Motor Show 2009 yang digelar Juli lalu, Toyota iQ sempat dipamerkan. Kala itu, mobil yang disebut sebagai pesaing berat dari city car keluaran Mercedes yaitu Mercedes Benz Smart “Keberadaan Toyota iQ ini untuk mengetahui respon masyarakat,” tutur Achmad Rizal, Manajer Komunikasi Pemasaran PT Toyota Astra Motor.
Di Eropa Toyota iQ juga telah dinyatakan lolos dalam uji keselamatan standar benua tersebut. Bahkan, mobil ini meraih peringkat bintang lima di uji European New Car Assessment Programmed (Euro NCAP) tersebut. Di benua Eropa, mobil itu dibanderol sekitar Rp 350 juta. ECOTY 2010 rencananya akan diumumkan pada 30 November mendatang. Satu hal yang menarik di ajang ini, adalah tidak masuknya mobil-mobil keluaran Amerika serta mobil hybrid Eropa di jajaran finalis. Begitu pun dengan mobil sport seperti BMW Z4, Nissan 370Z, Subaru Legacy, atau Porsche Panamera.










Toyota iQ, Mobil Masa Depan dengan 4 Penumpang yang Terkecil

Toyota iQ Concept yang diperkenalkan di Frankfurt Motor Show, menandakan satu langkah maju dalam perkembangan disain mobil kecil. Konsep ini mendobrak pola pikir lama, dengan menghasilkan mobil berukuran kecil tapi interior lega dan fitur-fiturnya berkualitas tinggi. Studio disain Toyota di Eropa, ED2 yang terletak di Selatan Prancis menerjemahkan prinsip-prinsip filosofi disain ‘vibrant clarity’ menjadi iQ yang terlihat modern, futuristik, cerdas, energik dimana fungsi dan kegunaannya terlihat jelas.
Toyota berhasil menciptakan mobil kompak yang sangat efisien dalam penggunaan ruang dan dirancang untuk memenuhi gaya hidup kota-kota metropolitan Eropa dengan tetap peduli terhadap lingkungan. iQ concept memperkuat komitmen Toyota untuk mengurangi emisi kendaraan lewat disain inovatif. Ukurannya yang kecil menjadi alternatif solusi masalah-masalah yang ditimbulkan kepadatan kota.
Wahei Hirai, manager aktifitas disain TMC menerangkan,”Disain iQ Concept merefleksikan dan mendongkrak gaya hidup pemiliknya. Di lingkungan perkotaan, orang ingin mengekspresikan dirinya lewat disain dinamis dan terkini, namun pada saat yang sama faktor-faktor rasional seperti dimensi mobil, fungsi dan emisi CO2 tidak dapat diabaikan.”
Menyelaraskan dua kutub menjadi satu kesatuan utuh merupakan bagian paling penting dalam iQ Concept. Dengan ukuran panjang kurang dari 3 meter, iQ menggunakan pendekatan radikal dalam disain dan packaging kendaraan. Dengan ukuran yang sangat kompak, mobil ini bisa mengakomodasi tiga orang dewasa plus ruang barang yang bisa dipakai untuk kursi ke empat, untuk anak-anak.
Kompak, canggih
Disain ekterior iQ sederhana dengan sosoknya yang lebar menghasilkan kesan kokoh, dan kuat. Dari samping, overhang (jarak dari sumbu roda ke ujung bumper) yang sangat pendek dan kabin yang maju, menghasilkan kesan dinamis sekaligus memaksimalkan pengunaan ruang di dalam kabin. Dengan alloy wheel 17 inci, overhang pendek menghasilkan kesan kuat dan lincah. Di dalamnya, panel instrumen dengan bentuk-bentuk gemotris sederhana ikut membentuk kesan terbuka pada keseluruhan interior.
Toyota iQ adalah mobil konsep empat penumpang paling kecil di dunia. Dengan panjang 2.980 mm, berarti 425 mm lebih pendek dari Toyota Aygo, tapi lebar dan tingginya sebanding dengan Yaris yaitu 1.680 x 1.480 mm. Mobil ini memiliki tiga kursi dewasa dan satu untuk anak-anak. Dalam penggunaan biasa, pengemudi dan penumpang duduk berdampingan. Dengan menggeser kursi penumpang ke depan, maka tersedia tambahan untuk satu penumpang dewasa dan anak-anak.
Disain hemat ruang seperti itu membantu menciptakan interior yang lega. Ditambah miniaturisasi teknologi seperti unit pemanas yang sangat kompak yang membutuhkan ruang jauh lebih kecil di center console. Indikator kecepatan, putaran mesin dan bahan bakar menyatu. Kontrol audio dan navigasi diletakkan di palang kemudi dan informasi rute di proyeksikan sebagai head-up display.
Panoramic glass sunroof memberi kesempatan cahaya masuk lebih banyak dan menciptakan kesan terbuka dan terang dan di malam hari lebih gelap dan misterius. Ukurannya yang kecil tidak berkompromi dengan safety. Konstruksi kabin dibuat sangat kuat untuk menyerap energi benturan secara optimal.
Mobil Masa Depan Paling Irit
Toyota iQ mendapat sambutan positif dari konsumen Eropa. Terobosan teknologi Toyota berhasil menghadirkan mobil yang dimensinya ultra mini, tapi bisa memberikan akomodasi untuk tiga orang dewasa dan satu anak-anak dengan kenyamanan terbaik.  Bukan itu saja, keselamatan penggunanya juga di jaga dengan aneka teknologi terbaik yang ada saat ini. Kelengkapan fitur safety pasif maupun aktif berderet panjang. Toyota iQ termasuk yang pertama di dunia yang dilengkapi dengan kantong udar jendela belakang untuk memberi perlindungan lebih jika mengalami benturan dari belakang.
Bukan itu saja, keselamatan penggunanya juga di jaga dengan aneka teknologi terbaik yang ada saat ini. Kelengkapan fitur safety pasif maupun aktif berderet panjang. Toyota iQ termasuk yang pertama di dunia yang dilengkapi dengan kantong udar jendela belakang untuk memberi perlindungan lebih jika mengalami benturan dari belakang. Dengan emisi CO2 hanya 99g/km, penggunanya bebas pajak jalan (road tax), dan menurut situs Government’s ActonCO2, saat ini Toyota iQ jadi satu-satunya mobil bensin yang bebas pajak ini.
Tapi konsumen Eropa masih memberi tantangan. Bagaimana efisiensi bahan bakarnya? Sejauh mana bertahan dengan satu tangki bahan bakar? Tantangan ini di jawab Toyota Inggris dengan melakukan tes real-world. Melintasi kota-kota di Ingris dengan menghormati segala aturan yang berlaku. Bukan dilakukan di jalan tol yang datar, kecepatan konstan, tanpa AC, tanpa kelengkapan elektrik yang biasa dilakukan pemiliki merk untuk menunjukkan betapa irit mobilnya..
Tangki bahan bakar Toyota iQ bisa menampung 8.5gallon (32.2liter). Rutenya melintasi 18 kota, termasuk melewati tengah kota dengan tipe lalulintas stop-and-go, lampu merah dan lainnya. Toyota iQ juga melewati jalan tol yang menuntut mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Sehingga Toyota iQ tidak bisa memanfaatkan keuntungan bergerak dengan kecepatan rendah yang lebih irit bahan bakar. Penguji juga menyalakan lampu depan untuk safety dan peralatan elektronik lainnya seperti satelit navigasi untuk menemukan lokasi tertentu.
Hasilnya, Toyota iQ menempuh 504.2 mil (806.72km) dengan satu tangki bahan bakar, Lebih jauh dari perkiraan semula, 460mil (736km). Berarti rata-rata konsumsinya 59.42mpg (sekitar 1liter untuk 25.26km). Padahal otoritas transportasi Inggris menetapkan efisieni Toyota iQ adalah 66.7 mpg imperial (1:23.6 liter/km). Dengan teknologi stop-start (mesin otomatis mati saat idle, dan langsung hidup saat pedal gas ditekan), tingkat efisiensinya pasti lebih baik lagi.
Di Inggris, iQ ditawarkan dengan harga 9,495 poundsterling untuk tipe 1.0 L lima percepatan manual. Sedangkan iQ2 dengan fitur yang lebih banyak dibandrol dengan harga lebih mahal sekira 10,945 poundsterling dan ditambah 1,000 poundsterling jika dilengkapi CVT.  Memiliki dimensi panjang tiga meter, mobil yang meraih penghargaan Good Design Award 2008 di ajang serupa dilengkapi dengan tiga buah jok yang nyaman untuk penumpang dewasa plus satu untuk anak-anak. Jok tersebut juga sudah meraih nilai lima pada tes keselamatan, Euro NCAP.
Tidak hanya itu, lebih menyenangkan bersamanya karena terdapat enam speaker CD/MP3 stereo, pengontrol suhu pendingin udara dan balutan kulit mewah di lingkar kemudi dan tuas transmisi. Dibenamkan pula sistem navigasi satelit untuk memudahkan pengendaranya dalam menentukan arah tujuan, ditambah tombol untuk menghidupkan mesin.  Di sisi eksterior mobil ini dilengkapi lampu kabut, lampu depan otomatis termasuk sistem penyeka airnya. Lampu penunjuk arah tidak hanya terdapat di depan dan belakang body namun juga terpasang pada kaca spion. Agar lebih terlihat sporty pada kaki-kaki dipasang velg berukuran 15 inch alloy. Pada fitur keselamatan, terdapat sistem pengereman ABS dengan electronic brakforce distribution (EBD) serta brake assist, pengontrol anti slip dan sembilan buah airbags di ruang kabin

Posted by Warta Digital on 8/12/2010 10:13:00 AM. Filed under , . Kamu bisa ikuti semua artikel melalui :

0 komentar for "Toyota iQ, Mobil Terbaik ke II di Eropa, Mobil Masa depan Yang Paling Irit"

Leave a reply