iPad, Seperti Nama Merek Pembalut

CALIFORNIA - Jika Fujitsu menggugat penggunaan kata iPad karena menyalahi paten, tidak demikian dengan para wanita. Nama iPad dianggap mirip dengan sebuah mereka pembalut.

Nama iPad kini sedang menjadi perbincangan. Banyak para pengguna internet yang mengaku kagum dengan perangkat tablet besutan Apple tersebut. Namun tidak banyak juga yang menjadikan nama tersebut sebagai bahan olok-olok.

"Apakah para wanita di dunia mau menyuruh para suami untuk membeli iPads di Apple Store," demikian sebuah joke yang beredar di kalangan pengguna Twitter.

Bahkan, seperti dikutip melalui Associated Press, Senin (1/2/2010), sebuah video saat ini sedang beredar di YouTube. Dalam video 'MadTV' tersebut disiarkan sebuah iklan komedi yang berhubungan dengan merek pembalut iPads.

Untungnya, menurut pakar iklan di Amerika, nama iPad tidak jelek-jelek amat. Bahkan penyematan huruf i di depan produk merupakan ciri konsistensi Apple yang cukup menarik bagi konsumen.

"Nama ini cocok dengan konsistensi Apple. Bahkan olok-olok semacam itu tidak akan terlalu negatif bagi imej Apple, malah justru akan menjadi sarana promosi yang baik untuk Apple," ujar pengamat merek Tye Heckler dari Hecker Associates, yang juga mengurusi merek-merek terkenal seperti Cinnabon, Panera dan Starbucks.

Sebelumnya, Apple sendiri merahasiakan nama produk yang mirip dengan iPhone ini. Bahkan karena sikap diam Apple, banyak nama bermunculan, mulai dari iTablet, iTab, hingga iSlate. Namun Apple tetap memilih iPad.

"Produk yang dikeluarkan Apple merupakan sebuah inovasi dan mengusung penggunaan yang mudah. Ketiga nama tersebut sangat tidak cocok dengan Apple," ujar Ira Kalb, wakil direktur dari Center for Global Innovation.

Menurutnya, iTablet tidak digunakan karena terlalu banyak huruf. Sedangkan nama iSlate dianggap terlalu kuno, dan merek iTab terlalu membingungkan.

Berdasarkan catatan kantor paten dan trademark di Amerika, hingga saat ini terdapat sekira 20 orang atau perusahaan yang ingin menggunakan nama iPad, iPads, dan ipads.com. Mereka adalah para perusahaan yang bergerak di bidang vaksinasi, peralatan kantor, pembersih make up, pakaian dalam wanita, dan barang elektronik. (srn)

Posted by Warta Digital on 2/01/2010 08:08:00 AM. Filed under . Kamu bisa ikuti semua artikel melalui :

0 komentar for "iPad, Seperti Nama Merek Pembalut"

Leave a reply