Ada Robot Cantik Pintar Menyanyi

Robot yang bernama HRP-4C atau Divabot ini diperkenalkan di pameran Tokyo. Perangkat menarik ini diperkenalkan oleh National Insitute of Advanced Industrial Science and Technology, Jepang, yang merupakan organisasi peneliti terbesar di dunia dengan 3.200 pegawai.


Mereka mengklaim telah mengembangkan software yang memungkinkan siapapun, tanpa keahlian robot, membuat program gerakan robot.

Hanya dengan mouse, pengguna dapat dengan mudah mengontrol gerakan robot seperti menari dan lompat.

Software itu juga dapat merancang ekspresi terkejut pada robot saat jatuh atau melompat misalnya.

"Dengan software ini, kami berharap bahwa robot dapat bertindak, menyanyi bahkan berjalan di peragaan busana. Kami ingin menciptakan konten industri baru dengan teknologi," kata Shinichiro Nakazawa dari organisasi tersebut.

Koleganya Masataka Goto menambahkan bahwa robot ini dapat digunakan untuk dua teknologi. Salah satunya untuk menyanyi.

"Tahun lalu, kami menggunakan software Vocaloid milik Yamaha untuk mengubah nada secara langsung. Tapi sekarang, kami menggunakan teknologi baru bernama VocalListener," ujar Goto.

Dengan software tersebut, robot dapat memiliki suara yang berasal dari contoh suara manusia yang diubah dalam kadar tertentu.

Tidak hanya itu, robot ini juga menggunakan teknologi baru terkait ekspresi wajah yang disebut Vocawatcher. Software ini menganalisis suara seseorang untuk menciptakan ekspresi secara alamiah.[ito]

Posted by Warta Digital on 10/24/2010 10:30:00 AM. Filed under . Kamu bisa ikuti semua artikel melalui :

0 komentar for "Ada Robot Cantik Pintar Menyanyi"

Leave a reply